Sekretaris Profesional


Pembahasan Mengenai " SEKRETARIS PROFESIONAL" Diantaranya Adalah
1.Pengertian Sekretaris Profesional
2.Pengertian Sekretaris Profesional Bagi Sebuah Perusahaan
3.Tips Menjadi Skretaris Profesional
4.Syarat-Syarat Menjadi Skretaris Profesional Yang Baik

A. Pengertian Sekertaris Profesional
Sekretaris profesional adalah seorang yang bertugas membantu pimpinan dengan dasar pengetahuan yang luas dan keterampilan. Sekretaris profesional harus ahli dalam bidangnya masing-masing dan bekerja secara maksimal. Selain itu sekretaris profesional juga mampu membedakan antara kepentingan pribadi dan kepentingan perusahaan.

B.Arti Penting Sekretaris Profesional Bagi Sebuah Perusahaan
Kehadiran seorang sekretaris profesional dalam sebuah perusahaan atau kantor akan membawa dampak positif bagi perusahaan. Skretaris dapat melaksanakan semua pekerjaanya dengan "Excellent". Sebagai seorang yang di percaya oleh perusahaan atau sebagai orang kedua setelah pimpinan, sekretaris dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuanya. Sekretaris bisa membantu dalam menjalin relasi baik dengan rekan kerja atau rekan bisnis pada setiap perusahaan.

C.Tips Menjadi Sekretaris Profesional

1. Memiliki Kepribadian Yang Baik
Seorang skretaris yang baik bukan hanya harus berpenampilan menarik,tapi juga harus memiliki kepribadian yang baik. Seorang sekretaris profesional harus ramah,baik,dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya baik kepada pimpinan saja, tapi sekretaris juga harus menunjukan kepribadian yang baik kepada relasi atau rekan sekantor.

2.Memiliki Etika Yang Baik
Sekretaris juga harus memiliki etika yang baik. Seperti halnya dalam hal berbicara,makan,duduk dan lain sebagainya. Etika yang baik itu harus di miliki oleh seorang skretaris karena berkaitan dengan citra perusahaan.

3.Pandai Berbicara Di Depan Publik
Terkadang sekretaris diminta untuk menemani pimpinan untuk melakukan presentasi menggantikan dirinya. Untuk itu, seorang sekretaris harus bisa belajar berbicara yang baik di depan public atau pada saat meeting (Rapat) perusahaan.


4.Membuat Citra Baik Untuk Perusahaan
Citra perusahaan merupakan hal yang harus dijunjung tinggi. Karena sekretaris merupakan tangan kanan perusahaan, dirinya harus menampilkan citra perusahaan yang baik kepada rekan perusahaan dan public

5.Pandai Menjaga Rahasia
Seorang sekretaris terkadang juga diberi kepercayaan oleh pimpinan untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan. Hal tersebut dikarenakan sekretaris selalu berhubungan dan mengetahui apapun yang dikerjakan oleh pimpinan nya. untuk itu seorang sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pimpinanya.

6.Mengerti Teknologi
Seorang sekretaris bukan hanya pandai memperhatikan penampilan dan nerdandan, tapi juga harus mengerti teknologi. Dengan teknologi tentunya akan dapat memudahkan seseorang sekretaris untuk mendapatkan informasi, menerima atau mengirim email dan lain sebagainya.

7.Mengerti Accounting Dan Pembukuan
Seorang sekretaris juga harus mengerti accounting dan pembukuan.Hal tersebut harus dikuasai agar bisa melakukan pembukuan kantor. dengan menguasai hal tersebut tentunya anda bisa menjadi sekretaris profesional.

8.Harus Bisa Menguasai Bahasa Asing
Seorang selretaris yang memguasai bahasa asing akan menjadi nilai tambahan bagi dirinya. Terkadang pimpinan meminta sekretaris untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri.

D.Syarat-Syarat Menjadi Sekretaris Profesional
Secara profesional, ada sejumlah syarat seorang sekertaris yang baik yaitu:

1.Personality: Seorang sekertaris haruslah sabar,tekun,disiplin,tidak mudah menyerah,berpenampilan baik,jujur,loyal,pandai bicara,sopan dan bisa menjaga image perusahaan

2.General Knowledge: Seorang sekretaris harus memiliki kemampuan yang memadai terhadap segala sesuatu perubahan dan perkembangan yang terjadi,terutama yang berkaitan dengan aktivitas organisasi.

3.Special Knowledge: Seorang sekretaris harus memiliki pengetahuan khusus yang berkaitan dengan posisinya sebagai seorang sekretaris.

4.Skill And Technic: Seorang sekretaris harus memiliki kemampuan mengetik,korespondensi,stenografi (yang bukan syarat mutlak) dan kearsipan.

5.Pratice: Seorang sekretaris harus mempunyai Kemampuan untuk melaksanakan tugas sehari-hari seperti menerima telepon,menerima tamu,menyiapkan rapat,membuat agenda pimpinan dan lain-lain.

E.Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dan Dilakukan Oleh Seorang Sekretaris

1.Menampilkan Citra Perusahaan
Citra perusahaan adalah hal yang harus di junjung tinggi. karena sekretaris adalah tangan kanan seorang pimpinan,maka sekretaris juga harus menampilkan citra yang baik bagi sebuah perusahaan.

2.Baik Dan Bertanggung Jawab
Seorang sekretaris haruslah ramah,baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya.

3.Pandai Menjaga Rahasia
Sebagai orang yang dipercaya oleh pimpinan,sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan atau rahasia pribadi pimpinan

4.Mempelajari Karakter Pemimpin
Kenalilah karakter atasan anda tidak salah dalam mengambil dan menentukan keputusan